Putra, Gede Wisnu Ambara (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ANALOGI FAR (FOKUS, AKSI, DAN REFLEKSI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2013031023-COVER.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2013031023-ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013031023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013031023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013031023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013031023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013031023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013031023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2013031023-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini, yaitu untuk meninjau perbandingan hasil belajar siswa pada materi stoikiometri diantara kelas dengan menggunakan model konvensional dan model analogi FAR. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan pre-test post-test control group design untuk desain penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan populasi, yaitu seluruh siswa kelas XI di SMAN 4 Singaraja pada tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian yang digunakan, yaitu kelas XI M dan XI K. Pada model analogi FAR akan diajarkan pada kelas XI M yang berperan sebagai kelas eksperimen sedangkan model konvensional akan diajarkan pada kelas konvensional. Data hasil penelitian berupa tes hasil belajar. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (ANACOVA). Berdasarkan hasil analisis deskriptif, nilai rata-rata pretest dan post-test pada kelas yang menggunakan model analogi FAR sebesar 44,2 dan 76,30. Sedangkan nilai rata-rata pretest dan post-test pada kelas yang menggunakan model konvensional sebesar 44,4 dan 71,40. Hasil penelitian dengan menggunakan ANAKOVA menunjukan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas dengan menggunakan model analogi FAR dan kelas dengan menggunakan model konvensional pada taraf signifikansi sebesar 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model analogi FAR, model konvensional, hasil belajar stoikiometri peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Gede Wisnu Ambara Putra |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 03:30 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 03:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26300 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |