Dewi Ari Eliawati, Putu (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Cerita Rakyat Terhadap Literasi Budaya Siswa Kelas III SD N 2 Kaliakah. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (1811031115-COVER)
1811031115-COVER.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text (1811031115-ABSTRAK)
1811031115-ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (1811031115-BAB I PENDAHULUAN)
1811031115-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (1811031115-BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1811031115-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1811031115-BAB III METODE PENELITIAN)
1811031115-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1811031115-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1811031115-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1811031115-BAB V PENUTUP)
1811031115-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text (1811031115-DAFTAR PUSTAKA)
1811031115-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text (1811031115-LAMPIRAN)
1811031115-LAMPIRAN.pdf Download (956kB) |
Abstract
Rendahnya literasi budaya di kalangan siswa sekolah dasar menjadi permasalahan krusial yang dipicu oleh dominasi metode pembelajaran teacher-centered dan kurangnya media ajar yang menarik serta relevan. Observasi di SD Negeri 2 Kaliakah mengonfirmasi kondisi ini, di mana proses pembelajaran cenderung pasif, berpusat pada guru, dan hanya mengandalkan buku tematik dengan narasi panjang yang gagal menumbuhkan minat siswa terhadap warisan budaya lokal, khususnya cerita rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan, dan menguji kelayakan sebuah media pembelajaran visual berupa Big Book yang mengangkat cerita rakyat lokal “Asal Mula Selat Bali” untuk siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi kerangka kerja ADDIE, yang dibatasi pada tiga tahap esensial: Analisis, Desain, dan Pengembangan (Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran Big Book “Asal Mula Selat Bali” memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi. Berdasarkan analisis data kuantitatif, validasi oleh ahli media memperoleh skor persentase kelayakan sebesar 97,14%, sementara validasi oleh ahli bahasa mencapai 93,33%. Kedua hasil tersebut menempatkan produk dalam kualifikasi “Sangat Baik”. Temuan ini membuktikan bahwa dari aspek desain visual, kegrafikan, tata letak, maupun dari aspek kebahasaan, termasuk kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa dan muatan nilai budayanya, media ini telah memenuhi standar kualitas sebagai alat bantu ajar yang efektif. Dengan demikian, Big Book cerita rakyat ini merupakan sebuah produk yang valid dan sangat layak untuk diimplementasikan sebagai solusi inovatif guna meningkatkan minat baca dan memperkuat literasi budaya siswa di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, big book, cerita rakyat, literasi budaya. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Dewi Ari Eliawati |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 05:07 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 05:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |