Krisna Hari, Ni Putu (2020) Pengaruh Ketahanmalangan dan Regulasi Diri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031285-COVER.pdf Download (661kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031285-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031285-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031285-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031285-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031285-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031285-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031285-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031285-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mencari pengaruh ketahanmalangan dan regulasi diri terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa dengan desain penelitian Korelasional. Subjek yang digunakan sebagai populasi adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Timur yang berjumlah 258 siswa. Sampel ditentukan dengan Teknik cluster random sampling, dan sampel minimal yang didapat sebanyak 157 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket tentang ketahanmalangan dan regulasi diri, sedangkan data kompetensi pengetahuan matematika diperoleh melalui pencatatan dokumen. Analisis statistika pada penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil dari analisis regresi linier sederhana untuk pengujian hipotesis I dan II hasil yang diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan ketahanmalangan terhadap kompetensi pengetahuan matematika dengan pengaruhnya sebesar 36% dan terdapat pengaruh yang signifikan regulasi diri terhadap kompetensi pengetahuan matematika dengan pengaruhnya sebesar 25.6%. Hasil analisis regresi linier ganda ditemukan persamaan Ŷ = 37.41 + 0.175X1 + 0.24X2 dan hasil Freg = 27.0 > Ftabel = 3,05 yang berarti signifikan dan terdapat pengaruh antara ketahanmalangan dan regulasi diri terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2019/2020 dan berpengaruh sebesar 25 %. Jadi Ketahanmalangan dan regulasi diri sama-sama memiliki pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketahanmalangan, Regulasi Diri, Kompetensi Pengetahuan Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Krisna Hari |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 20:05 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 20:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2633 |
Actions (login required)
View Item |