PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 6 SIKUR

Hasanah, Paridatul (2025) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 6 SIKUR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113071012-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113071012-ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113071012-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA antara peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model Quantum Learning berbantuan video pembelajaran dan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 6 Sikur yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling, terdiri dari 33 peserta didik yang terbagi dalam dua perlakuan, yaitu kelas eksperimen (VIII B) dan kelas kontrol (VIII A) yang ditentukan secara acak. Penelitian ini melibatkan tiga variabel, yaitu: 1) variabel bebas berupa model pembelajaran, 2) variabel terikat berupa prestasi belajar kognitif IPA, dan 3) variabel kovariat berupa pengetahuan awal (pretest). Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dengan reliabilitas 0,850. Uji prasyarat analisis dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas dan linieritas, dan pengujian hipotesis dilakukan menggunakan ANAKOVA satu jalur dan dilanjutkan dengan uji lanjut Least Significant Difference (LSD). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan prestasi belajar IPA antara kelas eksperimen dan kontrol. Peserta didik dengan model Quantum Learning berbantuan video pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 66,50, (Kategori cukup) sedangkan peserta didik dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran memperoleh 55,29 (Kategori cukup). Nilai sig. 0,014 (< 0,05) dan |μ₁ − μ₂| > 8,078 menunjukkan bahwa model Quantum Learning berbantuan video pembelajaran lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning, Video pembelajaran, Problem Based Learning, Prestasi Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: PARIDATUL HASANAH
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:57
Last Modified: 31 Jul 2025 02:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26353

Actions (login required)

View Item View Item