Prakasanty, Zifana Novia Dwi (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPA Kelas VII di MTs Abul Abbas Tegallinggah Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1813071017-COVER.pdf Download (945kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1813071017-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1813071017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1813071017-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPA kelas VII di MTs Abul Abbas Tegallinggah, khususnya pada perencanaan pembelajaran, dokumen perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah waka kurikulum, guru mata pelajaran IPA, dan siswa kelas VII di MTs Abul Abbas Tegallinggah. Objek penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran, dokumen perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar IPA kelas VII pada kurikulum merdeka di MTs Abul Abbas Tegallinggah. Metode pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif model Miles dan Hubermen, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPA kelas VII di MTs Abul Abbas Tegallinggah belum terlaksana dengan optimal. Perencanaan pembalajaran belum terlaksana dengan optimal, guru perlu memahami kembali terkait perencanaan pembelajaran bahwa seharusnya guru menganalisis Capaian Pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran dan alur, menyusun alur tujuan, kemudian merancang pembelajaran dan penilaian. Dokumen perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru, yaitu program semester, program tahunan, modul ajar dan modul P5. Guru tidak memiliki dokumen Alur Tujuan Pembelajaran dan komponen minimum pada modul ajar maupun modul P5 belum terpenuhi. Pelaksanaan pembelajaran belum terlaksana dengan optimal karena guru hanya sesekali melakukan penilaian di awal pembelajaran. Guru kurang memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. Media pembelajaran yang guru gunakan berupa media gambar. Penilaian hasil belajar siswa belum terlaksana dengan optimal karena guru belum menyampaikan ketentuan kriteria ketercapaian pembelajaran pada siswa, sehingga mereka memahami target yang perlu dicapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelaksanaan pembelajaran, kurikulum merdeka, pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Zifana Novia Dwi Prakasanty |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 07:04 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 07:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |