HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Sembiring, Novia Sapitri Br (2025) HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113071018-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113071018-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113071018-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara: 1) dukungan orang tua dengan prestasi belajar IPA, (2) motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA, dan 3) dukungan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA. Dukungan orang tua dan motivasi belajar merupakan variabel prediktor pada penelitian ini, variabel kriteriumnya adalah prestasi belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain expostfacto. Populasi penelitian ini sebanyak 365 siswa kelas SMP Negeri 3 Singaraja. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan jumlah sampel sebanyak 187 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa kuesioner dan tes pilihan ganda yang sudah melalui tahapan uji validitas dan reliabilitas. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lima tahap yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier satu prediktor, uji regresi ganda dua prediktor, dan uji hipotesis. Penelitian ini membuktikan bahwa dukungan orang tua dan motivasi belajar siswa berperan penting dalam pencapaian prestasi belajar IPA. Oleh karena itu, penguatan kedua aspek ini perlu menjadi fokus dalam strategi peningkatan prestasi belajar di tingkat SMP, khususnya dalam bidang sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dukungan orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: NOVIA SAPITRI BR SEMBIRING
Date Deposited: 01 Aug 2025 06:57
Last Modified: 01 Aug 2025 06:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26404

Actions (login required)

View Item View Item