Yunitasari, Dukha (2025) PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI NILAI-NILAI KETELADANAN PAHLAWAN NASIONAL HAMZANWADI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI LOMBOK TIMUR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2029141003-COVER)
2239031016-Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (2029141003-ABSTRAK)
2239031016-Abstrak.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (2029141003-BAB 1 PENDAHULUAN)
2239031016-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (2029141003-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239031016-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (895kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2029141003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239031016-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2029141003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239031016-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (2029141003-BAB 5 PENUTUP)
2239031016-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2029141003-DAFTAR PUSTAKA)
2239031016-Daftar Pustaka.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (2029141003-LAMPIRAN)
2239031016-Lampiran.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan Modul Pendidikan Pancasila Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keteladanan Pahlawan Nasional Hamzanwadi yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan karakter Profil Pelajar Pancasila dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE. Subyek pengujian efektifitas dilakukan pada siswa kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Selong sebanyak 124 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen sejumlah 62 siswa dan kelompok kontrol sejumlah 62 siswa. Instrumen pengumpulan data Karakter Profil Pancasila menggunakan kuesioner dan instrumen Hasil Belajar siswa menggunakan tes hasil belajar. Kedua instrumen tersebut telah memenuhi kategori valid dan reliabel. Metode analisis data untuk memperoleh hasil pengujian efektifitas dilakukan dengan analisis MANOVA dengan taraf signifikasi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan (1) Karakteristik Modul Pendidikan Pancasila Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keteladanan Pahlawan Nasional Hamzanwadi dengan tahapan penyajian yaitu: Stimulasi, Identifikasi Masalah, Pengumpulan Data, keempat Pengolahan Data, Pembuktian dan Kesimpulan (2) Modul Pendidikan Pancasila Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keteladanan Pahlawan Nasional Hamzanwadi secara keseluruhan dinyatakan valid; (3) Modul Pendidikan Pancasila Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keteladanan Pahlawan Nasional Hamzanwadi dinyatakan praktis; (4) Modul Pendidikan Pancasila Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keteladanan Pahlawan Nasional Hamzanwadi lebih efektif dalam meningkatkan karakter profil pancasila dibandingkan tanpa modul yang dikembangkan; (5) Modul Pendidikan Pancasila Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keteladanan Pahlawan Nasional Hamzanwadi lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan tanpa modul yang dikembangkan; (6) Modul Pendidikan Pancasila Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keteladanan Pahlawan Nasional Hamzanwadi lebih efektif secara simultan meningkatkan karakter profil pelajar pancasila dan hasil belajar siswa dibandingkan tanpa modul yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Nilai-Nilai Keteladanan Pahlawan Nasional Hamzanwadi, Karakter Profil Pelajar Pancasila, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Dukha Yunitasari |
Date Deposited: | 03 Aug 2025 13:28 |
Last Modified: | 03 Aug 2025 13:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |