Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Abiansemal

Indrawati, I Gusti Ayu Putri (2025) Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Abiansemal. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112011004-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112011004-ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112011004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112011004-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Jelajah Alam Sekitar dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis peserta didik di kelas VIII.E SMP Negeri 4 Abiansemal. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respons siswa terhadap penerapan metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) dalam pembelajaran puisi. Subjek penelitian terdiri dari guru yang mengampu mata pembelajaran bahasa Indonesia serta siswa kelas VIII.E SMP Negeri 4 Abiansemal. Data dikumpulkan melalui beberapa metode, yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi siswa setelah penerapan metode JAS. Peningkatan tersebut terlihat dari hasil evaluasi pada setiap siklus. Pada siklus I, nilai rata-rata mencapai 75%, yang termasuk dalam kategori positif, sehingga menunjukkan peningkatan sebesar 10% dari kondisi awal. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 87,5%, termasuk dalam kategori sangat positif, dengan peningkatan sebesar 12,5%. Dengan demikian, penerapan metode Jelajah Alam Sekitar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Jelajah Alam Sekitar dalam pembelajaran puisi mampu meningkatkan respons siswa terhadap materi tersebut, terutama dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai ruang dan objek pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, jelajah alam sekitar (JAS), teks puisi, outdoor learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Putri Indrawati
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:44
Last Modified: 04 Aug 2025 01:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26448

Actions (login required)

View Item View Item