Pramesti, Wikan Ayu (2025) Sikap Siswa terhadap Penerapan Situs Gimkit sebagai Media Evaluasi Materi Teks Berita Kelas VII.10 di SMP Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112011008-COVER.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112011008-ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011008-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (960kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112011008-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan situs Gimkit sebagai media evaluasi materi teks berita siswa kelas VII.10 di SMP Negeri 2 Singaraja, mengetahui sikap siswa VII.10 terhadap penerapan situs Gimkit sebagai media evaluasi materi teks berita, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sikap siswa VII.10 selama diterapkannya situs Gimkit sebagai media evaluasi tersebut. Kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal merupakan jenis penelitian yang digunakan dengan mengambil subjek siswa kelas VII.10 dan objek penerapan situs Gimkit sebagai media evaluasi pembelajaran pada materi unsur pembangun dan kebahasaan teks berita, sikap siswa terhadap penerapan tersebut, dan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap siswa VII.10. Metode pengumpulan yang digunakan meliputi wawancara, observasi partisipasi pasif, kuesioner tertutup, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman, serta deskriptif kuantitatif untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh, yaitu penerapan situs Gimkit berhasil dilakukan dan dapat diterima oleh siswa kelas VII.10 dengan baik. Penerapan ini membuat suasana saat kegiatan evaluasi pembelajaran menjadi menyenangkan, seru, dan ceria. Selain itu, sikap siswa terhadap penerapan situs Gimkit sebagai media evaluasi ini memperoleh rata-rata 4,25 yang berada di kategori “sangat baik” dari 85% siswa yang memberikan sikap positif terhadap penerapan situs Gimkit. Dengan demikian, penerapan situs Gimkit sebagai media evaluasi terbukti efektif untuk menumbuhkan sikap siswa ke arah yang lebih positif. Sikap siswa VII.10 dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu pengalaman pribadi dan emosional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gamifikasi, Gimkit, media evaluasi, teks berita |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Wikan Ayu Pramesti |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:37 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26461 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |