PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA SEMI KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VI MENGWI BADUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

Utami, Ni Luh Made Santi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA SEMI KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VI MENGWI BADUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031292-COVER.pdf

Download (377kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031292-ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031292-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031292-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031292-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031292-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031292-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031292-DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (129kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031292-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan media semi konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan rancangan non-equivalent control group design. Sebanyak 7 kelas dari 6 SD di Gugus VI Mengwi Badung tahun ajaran 2019/2020 menjadi populasi penelitian dengan jumlah 193 siswa. Cluster Random Sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian sehingga memperoleh 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 35 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode tes dengan bentuk tes obyektif digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data menggunakan uji-t polled varians yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan rumus Fisher. Adapun rata – rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen yaitu ¯x = 80,38 dan kelompok kontrol ¯x = 71,86 dan setelah data dianalisis diperoleh thitung = 4,728 > ttabel 2,000 pada taraf signikansi 5% dengan dk = 65, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok sampel. Maka dari itu terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus VI Mengwi Badung Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: group investigation, media semi konkret dan kompetensi pengetahuan IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Made Santi Utami
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:43
Last Modified: 28 Jul 2020 02:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2650

Actions (login required)

View Item View Item