PENGARUH KEGIATAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA DAN REGULASI EMOSI ANAK KELOMPOK B GUGUS V PAUD KABUPATEN BULELENG

Dewi, Made Pipit Diana (2025) PENGARUH KEGIATAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA DAN REGULASI EMOSI ANAK KELOMPOK B GUGUS V PAUD KABUPATEN BULELENG. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329171013-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329171013-ABSTRAK.pdf

Download (827kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329171013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329171013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329171013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329171013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329171013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329171013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329171013-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pipit Diana Dewi, Made (2025). Pengaruh Kegiatan Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Bahasa dan Regulasi Emosi Anak Kelompok B TK Negeri Gugus V PAUD Kabupaten Buleleng. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof.Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Nice Maylani Asril, S.Psi., M.Psi., Ph.D. Kata-kata kunci: Outdoor Learning, kemampuan bahasa, regulasi emosi, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kegiatan outdoor learning terhadap perkembangan anak usia dini, khususnya pada kelompok B di TK Gugus V PAUD Kabupaten Buleleng. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B di TK Gugus V Kabupaten Buleleng. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non-probalility sampling, sehingga diperoleh TK Kartika sebanyak 38 sebagai kelas kontrol, TK Banjar Tegal sebanyak 32 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Non-Control Group Design. Data dianalisis menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan outdoor learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kemampuan bahasa dan regulasi emosi anak usia dini. Secara rinci, kesimpulan dari masing-masing pengujian hipotesis adalah sebagai berikut: (1) Kegiatan outdoor learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan bahasa anak. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F = 25,492 dan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian, anak-anak yang mengikuti pembelajaran berbasis luar ruang memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik dibandingkan anak-anak yang mengikuti pembelajaran konvensional di dalam kelas. (2) Kegiatan outdoor learning juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan regulasi emosi anak. Nilai F = 8,831 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) memperkuat bahwa program pembelajaran luar ruang mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenali, mengendalikan, dan mengekspresikan emosi secara lebih adaptif dibandingkan dengan anak-anak pada kelompok kontrol. (3) Kegiatan outdoor learning berpengaruh secara simultan terhadap kemampuan bahasa dan regulasi emosi anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil, F hitung = 13,977, dan signifikansi = 0,000. Hasil ini mengindikasikan bahwa intervensi outdoor learning tidak hanya efektif untuk masing-masing aspek perkembangan anak, tetapi juga memperkuat perkembangan kedua aspek tersebut secara terpadu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Outdoor Learning, kemampuan bahasa, regulasi emosi, Outdoor Learning, language skills, emotion regulation.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Made Pipit Diana Dewi
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:09
Last Modified: 07 Aug 2025 02:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26554

Actions (login required)

View Item View Item