ANALISIS PERSEPSI GURU TENTANG ANAK STUNTING DI KECAMATAN SUKASADA, BULELENG

Pradnyawati, Ni Kadek (2025) ANALISIS PERSEPSI GURU TENTANG ANAK STUNTING DI KECAMATAN SUKASADA, BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911061033-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911061033-ABSTRAK.pdf

Download (702kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1911061033-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1911061033-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911061033-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru terhadap anak stunting di wilayah Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis, yang tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga perkembangan kognitif dan kemampuan belajar anak. Guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam mengenali dan mendukung anak dengan kondisi tersebut, terutama pada tingkat pendidikan anak usia dini.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah guru-guru dari beberapa lembaga pendidikan anak usia dini di Kecamatan Sukasada. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap anak stunting cukup beragam, mulai dari pemahaman yang terbatas mengenai penyebab dan dampaknya, hingga adanya upaya guru dalam menyesuaikan metode pembelajaran untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Sebagian besar guru menyadari pentingnya peran mereka dalam memberikan stimulus perkembangan, namun masih membutuhkan pelatihan dan pendampingan lebih lanjut terkait isu stunting. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan pemahaman guru tentang stunting melalui pelatihan kesehatan anak dan kerjasama lintas sektor antara sekolah, dinas kesehatan, dan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: persepsi guru, stunting, anak usia dini, pendidikan, Sukasada
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Kadek Pradnyawati
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:09
Last Modified: 11 Aug 2025 02:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26597

Actions (login required)

View Item View Item