Arikadanti, Ni Made Laksmi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN NILAI-NILAI TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN BUDI PEKERTI PADA ANAK USIA DINI DI TK SARASWATI MATARAM. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329171011-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329171011-ABSTRAK.pdf Download (910kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329171011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329171011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329171011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329171011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUPAN)
2329171011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329171011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329171011-LAMPIRAN.pdf Download (26MB) |
Abstract
ABSTRAK Laksmi, Ni Made Laksmi Arikadanti (2025), Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Bermuatan Nilai Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini di TK Saraswati Mataram. Tesis, Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha di bawah bimbingan Prof. Dr. I Ketut Gading, M.Psi, selaku dosen pembimbing I dan Dr. I Gede Astawan,S.Pd., M.Pd, selaku dosen pembimbing II. Budi pekerti anak usia dini masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan fenomena yang terjadi di sekolah seperti kurangnya displin, kurangnya rasa solidaritas, dan kekerasaan/bullying yang telah terjadi di lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, keberterimaan, dan efektifitas buku cerita bergambar yang berjudul “ Kita dan Lingkungan Berbasis Tri Hita Karana” untuk meningkatkan budi pekerti paa anak usia dini di TK Saraswati Mataram. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan mengacu pada model 4D dengan tahapan: pendefinisian (define), desain (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket/kuesioner. Teknik analisis data uji keberterimaan menggunakan aiken V, uji efektivitas menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penelitian ini menghasilkan buku cerita bergambar untuk meningkatkan budi pekerti pada anak usia dini, (2) indeks validasi Keberterimaan media buku cerita bergambar yaitu 0, 9375 dengan predikat atau kualifikasi sangat tinggi ; (3) Peroleh hasil uji efektifitas pada uji-t berkorelasi yang diperoleh dari 21 peserta didik memperoleh hasil nilai sig . (2-tailed) < dan hasil-t terhitung 39,128 > 1,725 yang merupakan nilai T-tabel pada signifikansi 5% sehingga media buku cerita bergambar bermuatan nilai tri hita karana yang berjudul “kita dan Lingkungan Berbasis Tri Hita Karana dengan kategori efektif digunakan untuk meningkatkan budi pekerti pada anak usia dini. Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Bermuatan Nilai Tri Hita Karana layak dan efektik untuk Meningkatkan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini di TK Saraswati Mataram. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Buku Cerita Bergambar, Tri Hita Karana, Budi Pekerti, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Buku Cerita Bergambar, Tri Hita Karana, Budi Pekerti, Anak Usia Dini, Picture Storybook Learning Media; Tri Hita Karana Values; Character in Early Childhood. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Ni Made Laksmi Arikadanti |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:41 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |