Briliany, Noviarta (2025) EKSPLORASI PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL BALI DAN BUDAYA ASING PADA ANAK INTERCULTURAL MARRIAGE DI SKOEBI-DO CHILD CARE CENTRE. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329171010-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329171010-ABSTRAK.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329171010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329171010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329171010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329171010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329171010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329171010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329171010-LAMPIRAN.pdf Download (27MB) |
Abstract
ABSTRAK Briliany, Noviarta (2025), Eksplorasi Pembelajaran Kearifan Lokal Bali dan Budaya Asing pada Anak Intercultural Marriage di Skoebi-Do Child Care Centre. Tesis, Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Putu Aditya Antara, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. Ni Ketut Desia Tristiantari, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci: Kearifan Lokal Bali, Budaya Asing, Anak Usia Dini, Intercultural Marriage Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk pembelajaran kearifan lokal Bali dan budaya asing pada anak-anak dari keluarga intercultural marriage di Skoebi-do Child Care Centre. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Partisipan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, orang tua dan anak-anak usia dini yang berasal dari keluarga intercultural marriage . Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles and Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pembelajaran yang dilakukan meliputi pembelajaran karakter seperti toleransi, gotong royong, dan kasih sayang; pembelajaran budaya; pembelajaran multikultural; dan pembelajaran kontekstual. Pembelajaran ini dilakukan secara berkelanjutan di sekolah, di rumah, dan dalam masyarakat. Faktor pendukung pembelajaran meliputi peran kepala sekolah, guru, orang tua, serta ketersediaan fasilitas. Adapun hambatan yang ditemukan adalah kehadiran anak yang tidak menentu, kendala komunikasi, dan kebutuhan untuk menyederhanakan materi budaya. Penelitian ini memberikan implikasi teoretis dalam penguatan literatur tentang pendidikan berbasis budaya dan multikultural di PAUD, serta implikasi praktis dan kebijakan bagi pengembangan kurikulum yang inklusif dan relevan dalam konteks masyarakat multikultural.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kearifan Lokal Bali, Budaya Asing, Anak Usia Dini, Intercultural Marriage, Balinese Local Wisdom, Foreign Culture, Early Childhood, Intercultural Marriage |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | NOVIARTA BRILIANY |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 03:10 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 03:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |