Implementasi Project Based Learning oleh Guru Bahasa Jepang di SMA Negeri Bali Mandara

Sulasmini, Ni Putu Ayu (2025) Implementasi Project Based Learning oleh Guru Bahasa Jepang di SMA Negeri Bali Mandara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112061007-COVER.pdf

Download (623kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112061007-ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112061007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112061007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112061007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112061007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112061007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112061007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112061007-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Project Based Learning oleh guru bahasa Jepang di SMAN Bali Mandara, serta dampaknya terhadap keterampilan 4C siswa. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, penyebaran angket, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan model PjBL dengan baik dan sistematis sesuai tahapan yang dianjurkan,yaitu memulai dengan pertanyaan mendasar, merancang rencana proyek, membuat jadwal, memantau siswa dan perkembangan proyek, menilai hasil proyek serta mengevaluasi pengalaman. Implementasi PjBL juga berdampak positif terhadap keterampilan 4C siswa. Selama pelaksanaan proyek, siswa menunjukkan kemampuan berpikir kritis melalui pemecahan masalah, kreativitas dalam menyusun konten, komunikasi yang efektif dalam diskusi kelompok, serta kolaborasi yang baik dalam menyelesaikan tugas bersama. Kata Kunci: Project Based Learning, keterampilan 4C, pembelajaran bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, keterampilan 4C, pembelajaran bahasa Jepang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Ni Putu Ayu Sulasmini
Date Deposited: 08 Aug 2025 13:03
Last Modified: 08 Aug 2025 13:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26659

Actions (login required)

View Item View Item