Adnyana, I Made Agus Semara (2025) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Passing dalam Permainan Bola Voli pada Peserta Didik XI di SMA Negeri 3 Tabanan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1816011058-COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1816011058-ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011058-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1816011058-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar bola voli peserta didik kelas XI TKJ A SMK Negeri 3 Tabanan, melalui implementasi model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis. Dimana yang menjadi sasaran dalam penelitian ini yaitu tertuju kepada peserta didik kelas XI, dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berada pada kelas XI TKJ A yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan alur (1) Rencana tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi/evaluasi, dan (4) Refleksi. Pelaksanaan penelitian yang diperoleh dari Hasil Belajar Siklus I dan Hasil Belajar Siklus II pada aspek Pengetahuan dan Keterampilan. Hasil penelitian ini bahwa hasil belajar peserta didik sudah sesuai dengan harapan dimana telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 100 % pada aspek pengetahuan dan 92,1% pada aspek keterampilan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik dalam materi teknik passing dalam bola voli yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Adapun peningkatan Hasil belajar peserta didik Kelas XI SMK Negeri 3 Tabanan pada materi Teknik Passing dalam permainan bola voli meningkat setelah menggunakan model pembelajaran PBL dalam kategori Sangat Baik dengan peningkatan peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil 34,2% menjadi 100% pada aspek pengetahuan dan 21,1% menjadi 92,1% pada aspek keterampilan. Hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik salah satunya menggunakan model pembelajaran PBL.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, PJOK, Problem Based Learning, Bola Voli |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Made Agus Semara Adnyana |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 16:33 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 16:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |