Tapa, I Gede Wana (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS JENDRAL SUDIRMAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031170-COVER.pdf Download (525kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031170-ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031170-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1611031170-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1611031170-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1611031170-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1611031170-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031170-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031170-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SDN Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain non-equivalent pretest posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan pada semester genap dengan jumlah populasi sebanyak 324 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V A SD Negeri 6 Sesetan sebanyak 43 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Negeri 2 Serangan sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir soal yang telah divalidasi. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial uji-t. Nilai rata-rata gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan IPS kelas eksperimen adalah 0,367 lebih dari nilai rata-rata gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan IPS kelas kontrol yaitu 0,188. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 6,546 > ttabel = 1,993 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan dk = (43 + 33 – 2) = 74, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS siswa yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning berbasis Tri Kaya Parisudha dan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SDN Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Tri Kaya Parisudha, Kompetensi Pengetahuan IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I GEDE WANA TAPA |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 01:48 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 01:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2670 |
Actions (login required)
View Item |