PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK TAMAN KANAK - KANAK

Billo, Maria K. E. P. (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK TAMAN KANAK - KANAK. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329171017-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329171017-ABSTRAK.pdf

Download (975kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329171017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329171017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329171017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329171017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329171017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329171017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329171017-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Billo, Maria K. E. P. (2025), Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Taman Kanak-Kanak. Tesis, Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Desak Putu Parmiti, M.S. dan Pembimbing II: Dr. Ni Ketut Desia Tristiantari, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: media kartu huruf bergambar, kemampuan menyimak dan berbicara. Kemampuan menyimak dan berbicara siswa memiliki peranan sentral dalam pencapaian tujuan pembelajaran, namun di TKK gugus Golewa Barat ditemukan masih ada beberapa anak-anak belum memiliki kemampuan menyimak dan berbicara yang optimal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui serta menganalisis kemampuan menyimak dan berbicara serta kemampuan menyimak dan berbicara secara simultan antara anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf bergambar dengan anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quisi experiment dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah 92 anak TK B Gugus Golewa Barat. Data penelitian diambil melalui lembar ceklist dengan rating scale 1-4. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan anava satu jalur dan manova. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terjadi peningkatan kemampuan menyimak anak setelah dilakukan eksperimen dengan nilai sig. 0,000; (2) terdapat perbedaan kemampuan berbicara anak sebelum dan setelah dilaksanakan eksperimen dengan nilai sig. 0,000; (3) Diperoleh perbedaan dengan sig. 0,000 antara kemampuan menyimak dan berbicara anak sebelum dan sesudah dilakukan percobaan. Penelitian ini memberikan implikasi dengan terbantunya pendidik dalam proses belajar mengajar, sehingga anak menjadi lebih tertarik dalam mengikuti proses belajar dan lebih mudah menangkap informasi yang disampaikan oleh pendidik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media kartu huruf bergambar, kemampuan menyimak dan berbicara, picture letter card media, listening and speaking ability.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Maria K. E. P. Billo
Date Deposited: 09 Aug 2025 15:41
Last Modified: 09 Aug 2025 15:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26714

Actions (login required)

View Item View Item