PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN CERITA POHON YANG SOMBONG PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Trisnayani, Ni Nyoman Ayu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN CERITA POHON YANG SOMBONG PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2211033001-COVER.pdf

Download (20MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2211033001-ABSTRAK.pdf

Download (20MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2211033001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (20MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2211033001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2211033001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2211033001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2211033001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2211033001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2211033001-LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, validitas, kepraktisan, serta efektivitas media video pembelajaran interaktif dengan cerita Pohon yang Sombong pada materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV sekolah dasar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 3 orang siswa uji coba perorangan, 9 orang siswa uji coba kelompok kecil, 1 orang guru kelas IV, serta 18 orang siswa subjek uji efektivitas. Objek uji coba dalam penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, serta efektivitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media video pembelajaran interaktif dengan cerita Pohon yang Sombong memperoleh validitas materi sebesar 0,96 dan media sebesar 0,97 dengan kualifikasi sangat valid; (2) media video pembelajaran interaktif dengan cerita Pohon yang Sombong dikategorikan sangat praktis dengan hasil kepraktisan uji coba perorangan sebesar 92,67%, uji coba kelompok kecil sebesar 95,16%, dan guru sebesar 98,33%; (3) pengujian hipotesis memperoleh nilai t_hitung> t_tabel(10,704 > 1,740), sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPAS materi bagian tubuh tumbuhan siswa kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran interaktif dengan cerita pohon yang sombong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media video pembelajaran interaktif, cerita, bagian tubuh tumbuhan, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Ayu Trisnayani
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:07
Last Modified: 11 Aug 2025 06:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26748

Actions (login required)

View Item View Item