Trisnayani, Ni Nyoman Ayu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN CERITA POHON YANG SOMBONG PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2211033001-COVER.pdf Download (20MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2211033001-ABSTRAK.pdf Download (20MB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2211033001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (20MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2211033001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2211033001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2211033001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2211033001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2211033001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2211033001-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, validitas, kepraktisan, serta efektivitas media video pembelajaran interaktif dengan cerita Pohon yang Sombong pada materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV sekolah dasar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 3 orang siswa uji coba perorangan, 9 orang siswa uji coba kelompok kecil, 1 orang guru kelas IV, serta 18 orang siswa subjek uji efektivitas. Objek uji coba dalam penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, serta efektivitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media video pembelajaran interaktif dengan cerita Pohon yang Sombong memperoleh validitas materi sebesar 0,96 dan media sebesar 0,97 dengan kualifikasi sangat valid; (2) media video pembelajaran interaktif dengan cerita Pohon yang Sombong dikategorikan sangat praktis dengan hasil kepraktisan uji coba perorangan sebesar 92,67%, uji coba kelompok kecil sebesar 95,16%, dan guru sebesar 98,33%; (3) pengujian hipotesis memperoleh nilai t_hitung> t_tabel(10,704 > 1,740), sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPAS materi bagian tubuh tumbuhan siswa kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran interaktif dengan cerita pohon yang sombong.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media video pembelajaran interaktif, cerita, bagian tubuh tumbuhan, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Ayu Trisnayani |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:07 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |