Anggara, I Made Dika (2025) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Contextual Teaching and Learning Materi Jaringan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Denpasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329071020-COVER.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329071020-ABSTRAK.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329071020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (674kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329071020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329071020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329071020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329071020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329071020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (601kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329071020-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Peserta didik sulit memahami materi pelajaran sehingga keterampilan berpikir kritis peserta didik kurang berkembang yang berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Sumber belajar yang tersedia masih kurang bervariasi untuk memicu semangat belajar peserta didik karena menuntut peserta didik untuk menghafal, sementara tidak semua peserta didik dapat dengan mudah menghafal suatu materi. Peserta didik juga lebih senang mempelajari materi melalui media digital interaktif serta lebih mudah mempelajari materi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas multimedia pembelajaran interaktif berbasis contextual teaching and learning materi jaringan komputer untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Denpasar. Multimedia dirancang dengan menggunakan model pengembangan AM3PU3. Validitas multimedia diukur melalui uji ahli isi, uji ahli media dan uji ahli desain menggunakan instrumen berdasarkan LORI versi 2.0, kepraktisan multimedia diukur dengan instrumen UEQ dan efektivitas multimedia diukur dengan instrumen tes berpikir kritis dasar-dasar jaringan komputer. Penelitian pengembangan ini menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis contextual teaching and learning bernama SIBIJAK dengan kriteria sangat valid dari ahli isi, ahli media dan ahli desain. Total skor sebesar 100% dari ahli isi pertama, 96,67% dari ahli isi kedua, 100% dari ahli media pertama, 92% dari ahli media kedua, 100% dari ahli desain pertama dan 89% dari ahli desain kedua. Multimedia bersifat praktis dengan skor rata-rata melebihi atau sama dengan kategori above average pada setiap aspek UEQ pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Efektivitas multimedia pembelajaran interaktif memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Persentase ketuntasan klasikal sebesar 84,38% dengan kategori sangat baik, dari 32 peserta didik, sebanyak 27 peserta didik mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan, sedangkan 5 peserta didik belum mencapai ketuntasan. Hasil penelitian ini mendukung bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis contextual teaching and learning dapat mempengaruhi peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia pembelajaran interaktif, contextual teaching and learning, berpikir kritis, jaringan komputer, informatika |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | I Made Dika Anggara |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 00:31 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 00:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |