Astuti, Putu Nadi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS IV PATTIMURA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031013-COVER.pdf Download (717kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031013-ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031013-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran gallery walk berbantuan flash card terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Pattimura Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain ekperimen quasi eksperiment, menggunakan rancangan nonquivalent pre-test posttest control group design. Populasi keseluruhan dalam penelitian ini berjumlah 269 siswa dari kelas V SD Negeri Gugus IV Pattimura Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel adalah cluster random sampling didapatkan, SD Negeri 7 Sesetan untuk kelas eksperimen sebanyak 39 siswa dan SD Negeri 18 Sesetan untuk kelas kontrol sebanyak 38 siswa. Pengumpulan data tentang kompetensi pengetahuan PPKn digunakan metode tes dengan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda. Setelah terkumpulnya data selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan uji-t. Hasilnya menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran gallery walk berbantuan flash card dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri Gugus IV Pattimura Tahun Ajaran 2019/2020, dibuktikannya dengan diperoleh thitung > ttabel = 5,98518 > 2,00 (dk = 39+38-2 = 75 dengan taraf signifikansi 5%), serta X ̅ posttest kelompok eksperimen = 32,5385 > 30,6842 dari X ̅ posttest kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran gallery walk berbantuan flash card terhadap kompetensi pengetahuan PPKn Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Pattimura Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran gallery walk, flash card, PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Nadi Astuti |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 20:49 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 20:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2687 |
Actions (login required)
View Item |