PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD QR CODE DENGAN BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI KEBERAGAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Saspanya, I Kadek Darma (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD QR CODE DENGAN BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI KEBERAGAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031172-COVER.pdf

Download (655kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031172-ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031172-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031172- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031172-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031172- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031172- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031172- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031172-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Flashcard QR Code yang berorientasi pada kearifan lokal Bali. Selain itu, penelitian juga bertujuan memvalidasi kelayakan media, menganalisis respon siswa, serta menguji efektivitas dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi keberagaman budaya kelas IV SD. Studi ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri atas tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Objek penelitian ini adalah media Flashcard QR Code dengan berorientasi kearifan lokal Bali.Subjek uji coba terdiri dari 26 siswa kelas IV SD Negeri 1 Nagasepaha. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, pedoman wawancara, angket respon siswa, serta soal pretest dan posttest untuk mengukur efektivitas media. Data dianalisis menggunakan uji validitas, analisis deskriptif, serta uji-t berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) validitas media yang dikembangkan sebesar 0,94 memiliki tingkat validitas yang tinggi, validitas materi sebesar 0,93 dengan tingkat validitas tinggi, 2) hasil kepraktisan oleh siswa sebesar 92,29% dengan kualifikasi sangat tinggi, 3) Hasil analisis efektivitas media ditunjukkan mellalui hasil ujji paired sample t-test yang menghasilkan nilai signifikansi < 0,001 yang menunjukkan bahwa media flashcard QR Code efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa pengembangan media Flashcard QR Code dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Implikasi penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran guna meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Flashcard, QR Code, kearifan lokal Bali, keberagaman budaya, media pembelajaran, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Kadek Darma Saspanya
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:02
Last Modified: 13 Aug 2025 01:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26910

Actions (login required)

View Item View Item