Dewi, Made Rai Laksmi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS I KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1611031045-COVER)
1611031045-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031045-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031045-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. Rancangan penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kuantitatif yaitu eksperimen semu dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 468 siswa. Pengambilan sampel melalui teknik random sampling yang diacak kelasnya untuk menetapkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil pengundian terpilih kelas IV SD No. 3 Dalung sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas IV SD No. 1 Dalung terpilih sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 33 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan jenis tes objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa, yang kemudian dianalisis menggunakan uji t. Dari sebaran data, diperoleh rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan dengan model Creative Problem Solving berbantuan multimedia yaitu 84,22 sedangkan kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, yaitu 77,03. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 4,200 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 63. Hal tersebut berarti thitung = 4,200 > ttabel = 2,000. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima, hal tersebut berarti terdapat pengaruh model Creative Problem Solving berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Creative Problem Solving, multimedia, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Rai Laksmi Dewi |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 01:59 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 01:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2707 |
Actions (login required)
View Item |