Dewi, Luh Gede Wulan Kurnia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI INTERAKTIF BERORIENTASI BUDAYA LOKAL BALI “TARI PENDET” PADA MATERI SISTEM GERAK UNTUK SISWA KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113041007-COVER.pdf Download (901kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113041007-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113041007-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media video animasi interaktif berorientasi budaya lokal Bali “Tari Pendet” yang diintegrasikan dengan Edpuzzle pada materi sistem gerak. Pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap analysis dilakukan melalui wawancara guru, angket siswa, dan kajian kurikulum untuk mengidentifikasi masalah pembelajaran, karakteristik siswa, serta relevansi budaya lokal. Pada tahap design dirumuskan tujuan pembelajaran, strategi berbasis video animasi interaktif, dan spesifikasi prototipe. Selanjutnya, tahap development menghasilkan storyboard final dan prototipe awal yang mengintegrasikan gerakan Tari Pendet sebagai representasi mekanisme kerja otot dan jenis sendi. Produk divalidasi oleh ahli materi dan media dengan hasil sangat valid, yaitu 91,11% dan 95,53%. Implementation dilakukan melalui uji coba terbatas melibatkan 3 siswa (perorangan), 9 siswa (kelompok kecil), dan 3 guru untuk menilai kemudahan penggunaan. Hasil uji coba menunjukkan tingkat kemudahan penggunaan 87,27% (perorangan), 92,93% (kelompok kecil), dan 96,11% (guru), dengan rerata berbobot 92,43% (sangat praktis). Evaluasi formatif dilaksanakan sejak tahap design hingga implementation, menekankan masukan ahli, guru, dan siswa untuk memperbaiki isi, tampilan, dan interaktivitas media. Dengan demikian, video animasi interaktif berbasis Tari Pendet dinyatakan sesuai dengan hasil analysis dan design, terbukti sangat valid pada tahap development, praktis pada tahap implementation, serta semakin relevan dengan kebutuhan pembelajaran melalui evaluasi formatif yang dilakukan sejak tahap analisis hingga implementasi dengan revisi pada setiap tahap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, budaya lokal, sistem gerak, Tari Pendet, video animasi interaktif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Luh Gede Wulan Kurnia Dewi |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 17:14 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 17:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |