Widnyana, I Made Budi Darma (2026) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI INFORMASI LAYANAN KONSELING DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2115051020-Cover.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2115051020-Abstrak.pdf Download (335kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (365kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (926kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2115051020-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2115051020-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI INFORMASI LAYANAN KONSELING DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Oleh I Made Budi Darma Widnyana, NIM 2115051020 Jurusan Teknik Informatika E-mail: budi.darma@undiksha.ac.id ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan menghasilkan media informasi berupa video animasi 3D tentang layanan konseling Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), mengingat masih rendahnya tingkat pemahaman mahasiswa terhadap Unit Pelaksana Akademik Bimbingan dan Konseling (UPA BK). Berdasarkan hasil angket, 93% mahasiswa belum pernah mengakses layanan konseling tersebut. Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan etode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi enam tahapan, yakni concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Tahap concept dilakukan melalui pengumpulan data dari UPA BK dan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan masih minimnya pemanfaatan layanan serta adanya preferensi mahasiswa terhadap media animasi 3D. Pada tahap design disusun storyboard, karakter, serta latar sesuai konteks layanan konseling. Proses produksi menggunakan perangkat lunak Blender melalui tahapan modelling, texturing, rigging, animating, lighting, dan rendering, kemudian dilanjutkan dengan pengolahan audio dan dubbing. Evaluasi dilakukan melalui uji ahli isi, uji ahli media, dan uji respon pengguna. Uji ahli isi memperoleh hasil kesesuaian 100% dengan kategori sangat layak, sedangkan uji ahli media juga menunjukkan hasil 100% meskipun disertai beberapa saran penyempurnaan. Selain itu, pada uji respon pengguna terhadap 50 mahasiswa, penilaian juga diperkuat dengan instrumen Subjective Movie Evaluation Criteria (SMEC) untuk mengukur kualitas persepsi subjektif terhadap animasi. Hasilnya menunjukkan tanggapan sangat positif, di mana mayoritas menyatakan animasi mudah dipahami, menarik, serta efektif sebagai media informasi. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa video animasi 3D yang dihasilkan dinilai layak dimanfaatkan sebagai media sosialisasi dan edukasi, meskipun masih dijumpai beberapa kendala teknis pada proses rigging dan dubbing. Oleh karena itu, media ini berpotensi menjadi alternatif yang efektif dalam memperkenalkan layanan konseling di lingkungan kampus.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Video Animasi 3D, Layanan Konseling, UPA BK, MDLC, Media Informasi, R&D |
| Subjects: | N Fine Arts > NE Print media |
| Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
| Depositing User: | I MADE BUDI DARMA WIDNYANA |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:51 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:51 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
