Gung, Ari (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD GUGUS II TEUKU UMAR KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031403-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031403-ABSTRAK.pdf Download (376kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031403-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (594kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031403-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031403-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (944kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031403-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031403-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031403-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (606kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031403-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan media Visual Tiga Dimensi terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus II Teuku Umar Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah 6 kelompok kelas V SD Gugus II Teuku Umar Denpasar Barat sebanyak 219 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok diberikan pretest dan diuji menggunakan uji-t untuk mengetahui kesetaraan kelompok. Data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh dengan menggunakan metode tes, dan tes yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk tes pilihan ganda. Setelah diperoleh data posttest kompetensi pengetahuan IPA selanjutnya dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus polled varians. Rata-rata skor posttest siswa pada kelompok eksperimen yaitu 81,487 dan rata-rata siswa pada kelompok kontrol 76,558. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 71 didapat t hitung = 2,218 > t tabel = 1,994 berarti dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak (gagal diterima). Dapat disimpulkan Model Pembelajaran SAVI berbantuan media visual tiga dimensi berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus II Teuku Umar Kecamatan Denpasar Barat tahun ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAVI, Visual tiga dimensi, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Ari Suryani |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 21:19 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 21:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2736 |
Actions (login required)
View Item |