Pramitha, Komang Isma (2026) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII dan VIII SMP Maulana Pegayaman. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2117011052-COVER.pdf Download (298kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2117011052-ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2117011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (221kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2117011052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2117011052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2117011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2117011052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2117011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2117011052-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi belajar serta lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VII dan VIII SMP Maulana Pegayaman. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variabel bebas, yaitu motivasi belajar dan lingkungan belajar, terhadap variabel terikat, yaitu hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII SMP Maulana Pegayaman dengan jumlah total 86 responden. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh, sehingga seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya sebelumnya untuk memastikan kualitas instrumen pengukuran. Hasil analisis data menunjukkan beberapa temuan penting. (1) Secara parsial, motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII dan VIII SMP Maulana Pegayaman. (2) Secara parsial, lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII dan VIII SMP Maulana Pegayaman; (3) Secara simultan, motivasi belajar dan lingkungan berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII dan VIII SMP Maulana Pegayaman.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, lingkungan belajar, motivasi belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
| Depositing User: | Komang Isma Pramitha |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 04:05 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 04:05 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
