PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN SELAT KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Dianayanti, Ni Luh Pebri (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN SELAT KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031169_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031169_ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031169_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031169_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031169_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031169_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031169_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031169_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031169_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match berbantuan media Audiovisual terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD gugus I Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalen post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas V SDN 3 Duda Timur sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SDN 4 Duda Timur sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode tes dengan instrument tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t hitung 38,21 lebih besar dari ttabel 1,68, dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Make a Match berbantuan media audiovisual terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD gugus I Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: IPS, Make a Match, Audiovisual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: IPS, Make a Match, Audiovisual
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH PEBRI DIANAYANTI
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:05
Last Modified: 28 Jul 2020 03:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2745

Actions (login required)

View Item View Item