KARTIKA, NYOMAN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS UNTUNG SURAPATI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031365-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031365-ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031365-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031365-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031365-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031365-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031365-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031365-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031365-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus Untung Surapati Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah quasi experiment menggunakan desain “Non Equivalent Control Group Design”. Populasinya adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus Untung Surapati dengan jumlah populasi 6 kelas, 242 siswa. Penentuan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, terpilih kelas V SD Negeri 4 Sumerta sebagai kelas eksperimen sebanyak 39 orang dan kelas V SD Negeri 6 Sumerta sebagai kelas kontrol sebanyak 37 orang. Data dikumpulkan menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t polled varian. Penelitian dilakukan dengan model Reciprocal Teaching berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan konvensional. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung = 2,92 > ttabel 1,99 dengan α = 5% dengan derajat kebebasan = 39 + 37 – 2 = 74 , maka dari itu tolak Ho yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan komunikasi matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media powerpoint dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019 / 2020. Selain itu nilai rerata kompetensi kelompok eksperimen ¯X = 73,77 > ¯X = 68,41 rata - rata komunikasi matematika kelompok kontrol. Jadi sesuai perhitungan analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus Untung Surapati ajaran 2019 / 2020. Kata kunci :Reciprocal Teaching, powerpoint dan kompetensi pengetahuan IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci :Reciprocal Teaching, powerpoint dan kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Ratna Ayu Kartika |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 08:33 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 08:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2800 |
Actions (login required)
View Item |