Pande, Kadek Agus Sanjaya (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Berlandaskan Tat Twam Asi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031204-COVER.pdf Download (349kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031204-ABSTRAK.pdf Download (77kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031204-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031204-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031204-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1611031204-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031204-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031204-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031204-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berlandaskan Tat Twam Asi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan yang digunakan yakni non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan yang berjumlah 229 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan pengundian pada kelas yang setara. Hasil pengundian ditetapkan kelas IV A SDN 12 Sesetan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 30 orang siswa, dan kelas IV B SDN 9 Sesetan sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 35 orang siswa. Data kompetensi pengetahuan IPS dikumpulkan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda biasa, dan data dianalisis menggunakan teknik uji-t. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning berlandaskan Tat Twam Asi dengan rata-rata gain skor ternormalisasi 0,361, dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan rata-rata gain skor ternormalisasi 0,280. Hasil uji t diperoleh t_hitung sebesar 2,038, sedangkan nilai t_tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan dk = 63 adalah sebesar 1,998. Ini berarti t_hitung > t_tabel (2,038 > 1,998). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berlandaskan Tat Twam Asi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, tat twam asi, kompetensi pengetahuan IPS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KADEK AGUS SANJAYA. P |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:20 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2833 |
Actions (login required)
View Item |