PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MIPA 6 SMA NEGERI 4 SINGARAJA

Wardhana, I Putu Bendesa Wirya (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X MIPA 6 SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021015-COVER.pdf

Download (863kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021015-ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021015-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Melalui penerapan model problem based learning berbantuan e-learning masalah tersebut dapat diperbaiki. Tujuan utama dari penelitian ini meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah model problem based learning berbantuan e-learning, kemampuan pemecahan masalah dan tanggapan siswa. Instrument data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan angket tanggapan siswa. Data dianalisis secara analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan 1) nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I sebesar 72.81 (SD=10.33) dan siklus II sebesar 82.35 (SD=7.33) berada pada kategori baik. 2) tanggapan siswa berada pada kategori positif dengan nilai sebesar 77.09 (SD=6.75). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan penerapan model model problem based learning berbantuan e-learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, kemampuan pemecahan masalah, e-learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I Putu Bendesa Wirya Wardhana
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:16
Last Modified: 29 Jul 2020 02:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2859

Actions (login required)

View Item View Item