Ekayani, Ni Putu Sawitri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Media Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus I Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031012-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031012-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1611031012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (444kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1611031012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1611031012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (920kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1611031012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031012-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Gugus I Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus I Kecamatan Bangli yang berjumlah 7 kelas dengan total siswa 138 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas V SD N 2 Tamanbali yang berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD N 1 Tamanbali yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis data. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test polled varians. Hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPS siswa kelompok eksperimen yaitu 23,15 termasuk kategori sangat tinggi, sedangkan siswa pada kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata 17,23 termasuk kategori sedang. Berdasarkan perhitungan dengan uji-t didapatkan thitung sebesar 4,89 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,010 dengan dk sebesar 48, pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Bangli tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : two stay two stray, mind mapping, hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sawitri Ekayani |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:29 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2860 |
Actions (login required)
View Item |