Dian, Ni Luh (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Tampaksiring Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031198_COVER.docx.pdf Download (789kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031198_ABSTRAK.docx.pdf Download (424kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031198_BAB 1 PENDAHULUAN.docx.pdf Download (441kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031198_BAB 2 KAJIAN TEORI.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031198_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (924kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASILDAN PEMBAHASAN)
1611031198_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031198_BAB 5 PENUTUP.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031198_DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf Download (451kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031198_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Round Club berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Tampaksiring Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Tampaksiring terdiri dari 5 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 149 siswa dari 5 ekolah Dasar. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang siswa yaitu 33 siswa kelas IV SD Negeri 2 Sanding yang menjadi kelompok eksperimen dan 31 orang siswa kelas IV SD Negeri 1 Pejeng Kaja yang menjadi kelompok kontrol Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes, instrument tes pilihan ganda biasa. Data posttest kompetensi pengetahuan PPKn dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians Data yang diperoleh thitung = 3,267 dan pada taraf signifikansi 5% dan dk = n1+n2–2 = 62 maka diperoleh nilai ttabel = 2,000, karena thit > ttab maka Ho ditolak yang berarti terdapat berbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelompok eksperimen ¯X = 86,76 > kelompok kontrol ¯X = 80,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Round Club berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV di SDN Gugus III Kecamatan Tampaksiring Tahun Ajaran 2019/2020. Kata-kata kunci : Round Club, Tri Kaya Parisudha, kompetensi pengetahuan PPkn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Round Club, Tri Kaya Parisudha, Kompetensi Pengetahuan PPkn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH DIAN |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 13:45 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 13:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2862 |
Actions (login required)
View Item |