Pengaruh Model Pembelajaran Creativity Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng

Padmitasari, Ida Ayu Made Indah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Creativity Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031387-COVER.pdf

Download (688kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031387-ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031387-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1611031387- BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1611031387-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031387- BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1611031387-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031387- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031387-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creativity learning terhadap minat belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng. Populasi adalah seluruh kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng. Pengambilan sampel menggunakan teknik intak group. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Banyuning sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 8 Banyuning sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis dengan ststistik deskriptif. Pengujian hipotesis dengan MANOVA. Berdasarkan rata-rata skor minat belajar siswa dikelas eksperimen adalah 116,14 kategori “sangat baik” dan dikelas kontrol adalah 107,57 kategori “baik” sedangkan, rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen adalah 41,86 kategori “cukup” dan dikelas kontrol adalah 34,7 kategori “tidak baik”. Hasil uji hipotesis menunjukkan F = 9582.776. Hasil penelitian memiliki signifikan 0,000< 0,05. Sehingga nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatih (H1) diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh model creativity learning terhadap minat belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, minat, creativity learning.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ida Ayu Made Indah Padmitasari
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:31
Last Modified: 28 Jul 2020 06:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2897

Actions (login required)

View Item View Item