Septiawan, I Made Dodik (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031195-COVER.pdf Download (945kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031195-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031195-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031195-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031195-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031195-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031195-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031195-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031195-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas IV SD Gugus Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng dengan jumlah siswa 236 orang. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV SDN 2 Panji sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang, dan kelas IV SDN 4 Panji sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 33 orang. Sampel penelitian dipilih dengan teknik kluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif rata-rata hasil belajar IPA pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (18,83>16,12). Hasil perhitungan uji-t didapat thitung = 4,37 dan untuk nilai ttabel dengan derajat kebebasan (db) = 61 dan taraf signifikan 5% diperoleh nilai ttabel = 2,00. Sehingga nilai thitung = 4,37 > nilai ttabel = 2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ARCS, hasil belajar, IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I MADE DODIK SEPTIAWAN |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 06:44 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 06:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2898 |
Actions (login required)
View Item |