Rahmayanti, Gusti Ayu Kade Ari Rahmayanti (2020) PENGARUH MODEL CREATIVITY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD GUGUS I BULELENG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031019-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031019-ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (317kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031019-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Dilakukannya penelitian ini dengan tujuan: 1) mengetahui adanya pengaruh model Creativity Learning teradap hasil belajar IPA dan self efficacy; (2) melihat adanya pengaruh model Creativity Learning terhadap hasil belajar IPA; dan (3) mengetahui adanya pengaruh model Creativity Learning terhadap self efficacy. Penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimen atau yang biasa disebut penelitian eksperimen (desain non-equivalent posttest only control group). Seluruh kelas V pada SD Gugus 1 Kecamatan Bulleng ialah populasi dari penelitian ini.Populasi terdiri atas 209 siswa yang merupakan siswa klas V dari 8 sekolah. Selanjutnya ditentukan sample dengan menggunakan teknik Random Sampling dan didapatkan 2 sekolah dengan jumlah 59 siswa yang terdiri dari SDN 1 Banyuning merupakan kelompok yang diberikan perlakuan (eksperimen) yang berjumlah 29 siswa maupun siswi dan SDN 8 Banyuning sebagai kelompok yang tidak diberikan perlakuan (control) yang terdiri dari 30 siswa maupun siswi. Tes uraian dijadikan instrument untuk mendapatkan data hasil belajar, sedangkan kuisioner digunakan untuk mengukur self efficacy. Selanjutnya diuji dengan menggunakan deskriptif untuk mengetahi mean dan standar deviasi dan dilanjutkan dengan uji Manova. Hasil dari penelitian ini didapatkan: (1) secara simultan, model Creativity Learning berpengaruh meningkatkan hasil belajar IPA dan self efficacy; (2) Creativity Learning dapat meningkatan hasil belajar IPA; dan (3) model Creativity Learning dapat mningkatkan self efficacy siswa. Berdasarkan temuan itu, dapat diketahui jika model Creativity Learning memiliki pengaruh terhadap aspek yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | creativity learning, hasil belajar IPA, self efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Kade Ari Rahmayanti |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 09:18 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 09:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2917 |
Actions (login required)
View Item |