Sudarmawan, I Made (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS IV KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031373-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031373-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031373-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (278kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031373-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031373-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031373-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031373-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031373-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031373-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilaksanakan pada kelas V siswa masih ada yang belum mencapai nilai KKM. Dari 209 orang siswa sebanyak 140 atau 67% belum mencapai nilai KKM. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD gugus IV Kuta Utara tahun ajaran 2019 / 2020. Jenis Penelitian yang dilakukan ialah kuantitatif dengan desain Eksperimen semu dan Rancangannya Non Equivalen Control Group. Populasinya seluruh kelas V yang ada di Gugus IV Kuta Utara yang terdiri dari 7 kelas dengan dua sampel penelitian diambil dengan cara random sampling terdapat sampel eksperimen yang diterapkan model SETS Berbantuan Media Audio Visual untuk kelas V SD No 1 Kerobokan Kelod sebanyak 32 siswa dan kelas VB SD No 3 Kerobokan Kelod sebanyak 30 siswa sebagai kontrol yang dibelajarkan secara konvensional. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Setelah dilakukan penelitian menunjukakan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan IPA kedua kelompok. Terbukti dari nilai rerata GnS kelompok eksperimen yaitu 0,782 lebih dari kelompok kontrol 0,710. dan setelah dianalisis menggunakan t-test dengan rumus polled varians. Diperoleh ananlisis datanya (thitung= 3,154> ttabel = 2,000) dengan alpha 0,05 dan (dk =32+30-2=60) maka penolakan Ho dan penerimaan Ha yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antar kedua kelompok sampel. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SETS berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus IV Kuta Utara tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SETS, Audio Visual, Pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Sudarmawan |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 10:07 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 10:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2941 |
Actions (login required)
View Item |