PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

Endrayani, Ni Wayan Rina (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011039-COVER.pdf

Download (838kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011039-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011039-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. Oleh Ni Wayan Rina Endrayani, NIM. 1613011039 Jurusan Matematika Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas bahan ajar berbasis multi representasi. Bahan ajar yang dikembangkan berupa lembar kerja siswa dan pegangan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan menggunakan sebagian langkah-langkah model 4D yaitu tahap difine, tahap design,dan tahap develop. Tahap define, pada tahap ini dilaksanakan kegiatan berupa identifikasi masalah/analisis awal untuk memperoleh data mengenai kebutuhan dilapangan guna memperbaiki kualitas pembelajaran. Tahap design, peneliti mengembangkan bahan ajar berbasis multi representasi berupa lembar kerja siswa dan pegangan guru. Dihasilkan prototipe I, yang selanjutnya diuji validitasnya. Tahap develop, prototipe I yang telah dihasilkan selanjutnya divalidasi oleh beberapa pakar yaitu dua orang dosen jurusan matematika undiksha dan dua orang guru matematika. Validitas isi dapat dilihat dari kesesuaian bahan ajar yang dikembangkan dengan kelengkapan materi yang terkandung dalam kompetensi dasar dan kurikulum yang digunakan. Validitas konstruk dapat dilihat dilihat dari keterkaitan, kesesuaian atau kekonsistenan antara berbagai komponen yang ada pada bahan ajar yang dihasilkan. Istrumen yang digunakan untuk mengukur validitas penelitian ini yaitu lembar validasi. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa lembar kerja siswa tergolong kategori valid dan pegangan guru tergolong kategori sangat valid. Karakteristik lembar kerja siswa yaitu (1) lembar kerja siswa menekankan pembelajaran pada penemuan konsep yang dilakukan oleh siswa, (2) siswa mengkontruksi pemahaman konsepnya melalui penggunaan representasi verbal, gambar, benda semi konkret, tabel, dan persamaan matematis, dan (3) Siswa dapat menuliskan kesimpulan pada setiap kegiatan. Karakteristik pegangan guru yaitu (1) pegangan guru membantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan (2) berisi rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar yang dikembangkan yaitu pengunaan berbagai representasi. Kata Kunci : Bahan Ajar, Multi Representasi, Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Multi Representasi, Pemahaman Konsep Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Wayan Rina Endrayani
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:29
Last Modified: 29 Jul 2020 01:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

View Item View Item