Diyantari, Ida Ayu Ketut Dewi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS II TAMPAKSIRING TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesh.
Text (COVER)
1611031394-COVER.pdf Download (484kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031394-ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031394-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031394-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
161131394-BAB 3 METODELOGI PEELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031394-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHSAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031394-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031394-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031394-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media pop up book terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan the posttest only no treatment control group design. Populasi penelitian ini adalah 169 siswa kelas IV. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik clusster random sampling dengan perolehan sampel dengan jumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kompetensi pengetahuan IPA. Data posttest kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Rata-rata skor posttest kelompok eksperimen sebesar 81,44 dan rata-rata skor posttest kelompok kontrol sebesar 63,23. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 9,520 dan pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan = 63 diperoleh ttabel = 1,998. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H0 diterima. Hal ini berarti bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media pop up book terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Negeri Gugus II Tampaksiring Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | snowball throwing, pop up book, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Ketut Dewi Diyantari |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 14:03 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 14:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3037 |
Actions (login required)
View Item |