Putra, I Gede Made Yoga Dwi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Examples No-Examples Berbasis Lingkungn Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD Negeri Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031355-COVER.pdf Download (14MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031355-ABSTRAK.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031355-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031355-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031355-BAB 3 METODELOGI PELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031355-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031355-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031355-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031355-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Examples Non-Examples (E N E) berbasis lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu dan menggunakan rancangan non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V yang ada di Gugus Letda Made Putra yang terdiri dari 13 kelas.Sampel kelompok penelitian diambil dengan cluster random sampling. Pengambilan sampel untuk kelompok eksperimen dengan penerapan model pembelajaran E N E berbasis lingkungan adalah kelas VA SD Negeri 1 Tonja sebanyak 42 siswa dan kelompok kontrol dengan pembelajaran model konvensional adalah kelas V SD Negeri 23 dangin Puri sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes objektif. Hasil analisis data didapat nilai rerata kelompok eksperimen yaitu 0,61 lebih dari nilai rerata kelompok kontrol yaitu 0,45 . Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thit 5,16 > ttab (a=0,05,70) =1,99, maka Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran E N E berbasis lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E N E, Lingkungan, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Made Yoga Dwi Putra |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 12:03 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 12:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3055 |
Actions (login required)
View Item |