Pengaruh Model Pembelajaran Examples No-Examples Berbasis Lingkungn Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD Negeri Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2019/2020

Putra, I Gede Made Yoga Dwi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Examples No-Examples Berbasis Lingkungn Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD Negeri Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031355-COVER.pdf

Download (14MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031355-ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031355-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031355-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031355-BAB 3 METODELOGI PELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031355-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031355-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031355-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031355-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Examples Non-Examples (E N E) berbasis lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu dan menggunakan rancangan non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V yang ada di Gugus Letda Made Putra yang terdiri dari 13 kelas.Sampel kelompok penelitian diambil dengan cluster random sampling. Pengambilan sampel untuk kelompok eksperimen dengan penerapan model pembelajaran E N E berbasis lingkungan adalah kelas VA SD Negeri 1 Tonja sebanyak 42 siswa dan kelompok kontrol dengan pembelajaran model konvensional adalah kelas V SD Negeri 23 dangin Puri sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes objektif. Hasil analisis data didapat nilai rerata kelompok eksperimen yaitu 0,61 lebih dari nilai rerata kelompok kontrol yaitu 0,45 . Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thit 5,16 > ttab (a=0,05,70) =1,99, maka Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran E N E berbasis lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E N E, Lingkungan, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Made Yoga Dwi Putra
Date Deposited: 28 Jul 2020 12:03
Last Modified: 28 Jul 2020 12:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3055

Actions (login required)

View Item View Item