Irdia, Hestin Nur (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REACT DENGAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021029-COVER.pdf Download (817kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021029-ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (358kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021029-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kajian dalam penelitian ini didasari atas rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika, dan (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model REACT dengan e-learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Sawan, dengan jumlah siswa 36 orang, yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi Data motivasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan angket google form, whats-app, atau google classroom pada setiap akhir siklus, sedangkan data hasil belajar fisika diperoleh melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus. Adapun data tanggapan siswa diperoleh melalui angket melalui media google form pada akhir siklus dua.. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika hasil belajar siswa mencapai minimal ketuntasan klasikalnya (KK) = 75%, motivasi belajar minimal berkategori tinggi, dan tanggapan siswa minimal berkategori positif. Hasil analisis data pada siklus I menunjukkan dari skor rata-rata motivasi belajar ̅siswa = 105,03 berkategori tinggi. Pada siklus II rata-rata motivasi belajar ̅= 108,94 berkategori tinggi. Pencapaian hasil belajar siswa pada siklus I, nilai rata-rata aspek kognitif ̅ = 70,54 dengan KK = 86,11%, nilai rata-rata aspek keterampilan = 74,36, dan nilai rata-rata aspek afektif ̅ = 77,39. Siklus II, nilai rata-rata aspek kognitif ̅= 75,54 dengan KK = 94,44%, nilai rata-rata aspek keterampilan ̅ = 78,48, dan nilai rata-rata aspek afektif ̅ = 80,80. Tanggapan siswa terhadap penerapan model REACT dengan e-learning berkategori positif dengan skor rata-rata ̅= 78,75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model REACT dengan e-learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) model REACT dengan e-learning meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika, dan (3) siswa menunjukkan tanggapan positif terhadap penerapan model REACT dengan e-learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, hasil belajar fisika, model pembelajaran REACT dengan e-learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | HESTIN NUR IRDIA |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:27 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3063 |
Actions (login required)
View Item |