Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Mohammad Hatta Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020

Dewi, Ida Ayu Listiari Sintya (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Mohammad Hatta Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031333-COVER.pdf

Download (824kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031333-ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031333_BAB 1_PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031333_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031333-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031333-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031333-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031333-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031333_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pembelajaran matematika ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non-quivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Mohammad Hatta Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 241 orang. Sampel penelitian diambil melalui pengambilan secara acak dengan teknik random sampling, pengundian dilakukan setelah semua populasi setara dihitung menggunakan uji-t. Dari hasil undian di peroleh SD Negeri 4 Panjer sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 6 Panjer sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrument berbentuk tes essai dengan jumlah soal valid 10 butir, selanjutnya data dikumpulkan dianalisis dengan analisis inferensial menggunakan (uji-t).Diperoleh analisis data yang menunjukkan rerata hasil belajar matematika pada kelompok yang diberikan model pembelajaran Open Ended mendapatkan hasil 83,32 sedangkan rerata kelompok kontrol yang dibelajarkan secara konvensional mendapatkan hasil 64,02. Perolehan yang didapat melalui uji beda mean ( t-test ) yaitu thitung > ttabel (10,157 > 2,000), dengan alpha 5% dan dk= 80 sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Open Ended dengan pembelajaran konvensial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Open Ended, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ida Ayu Listiari Sintya Dewi
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:51
Last Modified: 29 Jul 2020 03:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3092

Actions (login required)

View Item View Item