Evangelisa, Era (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Kapten Japa Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universita Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031339-COVER.pdf Download (768kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031339-ABSTRAK.pdf Download (484kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031339-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (378kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031339- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031339-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031339- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031339- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031339- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (518kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031339-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan Mind Mapping dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri Gugus Kapten Japa Tahun Ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian yang digunakan Quasi Experiment atau eksperimen semu. Bentuk design yang di gunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Seluruh siswa kelas V SDN Gugus Kapten Japa terdiri dari 13 kelas dengan total sebanyak 456 orang menjadi populasi. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas VA SD Negeri 17 dauh Puri sebanyak 40 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 4 Dauh Puri sebanyak 35 orang siswa terpilih sebagai kelompok kontrol. Setelah semua populasi dinyatakan setara melalui uji beda mean (t-test), maka pengambilan sampel dengan cara pengundian secara acak bisa dilakukan. Dalam proses pengumpulan data, pemilihan metode tes digunakan sebagai instrument yang berbentuk tes pilihan ganda dengan jumlah soal valid sebanyak 40 butir. Uji-t digunakan dalam analisis data penelitian ini dengan teknik analisis inferensial. Perolehan yang didapat melalui uji beda mean (t-test) yakni thitung = 8.08. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 40 + 35 – 2 = 73 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 1,99, karena thitung > ttabel (8.08 > 1,99) maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan media Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus Kapten Japa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POGIL, Mind Mapping, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Era Evangelisa |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 05:21 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 05:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3130 |
Actions (login required)
View Item |