Riandini, Putu Vadia Asti (2020) KORELASI ANATARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD GUGUS I NAKULA KECAMATAN NEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031091-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031091-ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
16110311091- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031091-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031091-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus I Nakula Kecamatan Negara, 2) Korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus I Nakula Kecamatan Negara, 3) Korelasi antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus I Nakula Kecamatan Negara. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD yang terdapat pada Gugus I Nakula Kecamatan Negara tahun ajaran 2019/2020 dengan sample 173 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik propotional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode non-tes yaitu: kuesioner dan pencatatan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn diperoleh koefisien korelasi R sebesar 0,642 dan sumbangan variabel kontribusi sebesar 41,2%, 2) terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn diperoleh koefisien korelasi R sebesar 0,656 dan sumbangan variabel kontribusi sebesar 43,2%, 3) secara bersama-sama terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus I Nakula Kecamatan Negara diperoleh koefisien korelasi R sebesar 0,713 dan sumbangan variabel kontribusi sebesar 50,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan hasil belajar PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Vadia Asti Riandini |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 21:15 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 21:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3165 |
Actions (login required)
View Item |