Dewi, Putu Ayu Candra (2020) KONTRIBUSI TINDAK PEMBELAJARAN GURU KELAS 1 SD NEGERI 2 DANGIN PURI PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031282-COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031282-ABSTRAK.pdf.pdf Download (333kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031282-BAB I PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (449kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031282-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031282-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (802kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031282-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031282-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031282-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (349kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031282-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi tindak pembelajaran guru kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri pada peningkatan keterampilan berbicara siswa tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian etnografis. Subjek terteliti adalah guru kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri dan siswa kelas 1 yang berjumlah 27 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Sebagai instrument kunci dalam penelitian ini adalah diri peneliti sendiri yang hadir di lapangan dilengkapi dengan lembar observasi dan wawancara. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara induktif menggunakan kerangka pikir analisis data yang di adaptasi dari model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, paparan data dan penarikan simpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Kontrubusi Tindak Pembelajaran Guru kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri Pada Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam kategori Stucturing guru cenderung meminta siswa untuk berkonsentrasi, mendengarkan penjelasan guru dan menyiapkan buku pembelajaran. Kategori Soliciting, kecenderungan guru memberikan tugas kepada siswa mengamati gambar, menanggapi pertanyaan dan mengajukan pertanyaan. Respon siswa pada keterampilan ini senantiasa memenuhi perintah guru untuk maju ke depan kelas dan menanggapi pertanyaan. Kategori Reacting, guru cenderung membimbing, memotivasi, menegur dan memberikan penguatan disertai dengan tindakan nonverbal berupa senyum atau memotivasi siswa mau berbicara dengan nada yang semangat. Temuan terkaitan dengan alasan – alasan yang melatarbelakangi guru dalam menampilkan tindak pembelajaran tertentu, pertama agar siswa lebih bersemangat dan berkonsentrasi dalam belajar terutama dalam keterampilan berbicara, kedua, agar peningkatan dalam pemahaman tentang keterampilan berbicara siswa semakin baik dan lancar, ketiga agar tindak pembelajaran yang dilakukan guru dapat dipahami, diterima dan dilakukan oleh siswa yang diajarnya, keempat, selain untuk pencapaian tujuan kurikulum yang tidak kalah pentingnya juga pembentukan dan pengembangan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindak pembelajaran guru, keterampilan berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Ayu Candra Dewi |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 11:23 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 11:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3185 |
Actions (login required)
View Item |