PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KAPTEN JAPA TAHUN AJARAN 2019/2020

DEWI, PUPUT KUSUMA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS KAPTEN JAPA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1611031399-COVER 1.pdf

Download (998kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031399-ABSTRAK FIX.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031399-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031399-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031399-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031399-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031399-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031399-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031399-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IVSD Negeri Gugus Kapten Japa Tahun Ajaran 2019/2020.Jenis penelitian ini eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Japa yang berjumlah 481siswa. Jumlah SD di Gugus Kapten Japa adalah 6 sekolah dengan jumlah kelas sebanyak 12 kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik clussster random sampling dengan pengacakan kelas yang telah ada kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Sehingga diperoleh kelas IVB SDN 17 Dauh Puri sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 4 Dauh Puri sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPS siswa dihimpun melalui tes pilihan ganda biasa. Rata-rata Gain skor ternormalisasikan kelas IV B sebagai kelompok eksperimen yaitu 0.446 lebih dari rata-rata kelas IV kelompok control dengan rata-rata 0.34 .Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan uji-t rumus dengan polled varians.Diperoleh nilai = 10.18 dan untuk taraf signifikansi 5% dengan dk=(48+44-2)=90 diperoleh = 1.99 . dengan kriteria > sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak Ha diterima.Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Predict Observe Explain berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Japa tahun ajaran 2019/2020. Dengan demikian model pembelajaran Predict Observe Explain berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Japa tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Predict Observe Explain, Kompetensi Pengetahuan IPS, Peta Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Puput Kusuma Dewi
Date Deposited: 29 Jul 2020 09:22
Last Modified: 29 Jul 2020 09:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3191

Actions (login required)

View Item View Item