PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN TEMBUKU KABUPATEN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Artawati, Ni Nyoman Depi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN TEMBUKU KABUPATEN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031308-COVER.pdf

Download (489kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031308-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031308-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031308-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031308-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031308-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031308-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031308-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031308-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Hasil belajar IPA yang tergolong rendah menyebabkan perlu adanya proses pembelajaran yang lebih inovatif. Pembelajaran ini dapat diwujudkan dengan model Make a Macth berbantuan media permainan Ular Tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match berbantuan media permainan Ular Tangga terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus II Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli yang berjumlah 137 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling sebanyak 2 kelas, sehingga diperoleh sampel siswa kelas IV SD Negeri 1 Tembuku yang berjumlah 22 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Yangapi yang berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes dan hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen sebesar 20,27 dan kelompok kontrol sebesar 18,57. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t menunjukan (t = 2,356 sig = 0,023). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Make a Match berbantuan media permainan ular tangga memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Ular Tangga, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Depi Artawati
Date Deposited: 28 Jul 2020 11:46
Last Modified: 28 Jul 2020 11:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3198

Actions (login required)

View Item View Item