Rahmawati, Novia (2020) MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS GOOGLE CLASSROOM PADA PELAJARAN BIOLOGI MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS X MIPA DI SMAN 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041042-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041042-ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041042-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran model pembelajaran inkuiri google classroom pada pelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Sukasada, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil pengundian, terpilihlah kelas X MIPA 1 yang akan menjadi sampel penelitian, dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa, dengan jumlah siswa perempuan 12 orang dan siswa laki-laki sebanyak 16 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji N-Gain digunakan untuk mengukur seberapa besar keterampilan proses sains siswa setelah dilaksanakan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai pre test dan post test berbeda bermakna dengan nilai p = 0,0001 (p < 0,05). Sehingga hasil ini menyatakan model pembelajaran inkuiri berbasis google classroom pada pelajaran biologi meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Sukasada yang ditunjukkan dengan skor keterampilan proses sains sebesar 1 berada pada interval (g) ≥ 0,7 kategori tinggi. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis google classroom pada pelajaran biologi terbukti dapat meningkatkan keterampilan proses sains.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google Classroom, Inkuiri, Biologi, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | NOVIA RAHMAWATI |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 12:22 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 12:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3287 |
Actions (login required)
View Item |