Arsita, Diana Rai (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD GUGUS II KECAMATAN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031317-COVER.pdf Download (987kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031317-ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULAUAN)
1611031317-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (438kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031317-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031317-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031317-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHSAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031317-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031317-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031317-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Gugus II Kecamatan Bangli yang berjumlah 180 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Bebalang yang berjumlah 28 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Kawan yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Data Hasil Belajar IPA dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistic deskriptif dan uji prasyarat analisis. Berdasarkan hasil perhitungan nilai rata-rata, diperoleh nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 21 dan kelompok control sebesar 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,63, sedangkan, ttabel dengan dk 56 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,02. Hal ini berarti, thitung lebih besar dibandingkan ttabel (thitung = 5,63 > ttabel = 2.02) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan media konkret dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model Group Investigation berbantuan media konkret pada siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Bangli. Dengan demikian penggunaan model Group Investigation berbantuan media konkret berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Group Investigation, Media Konkret, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Diana Rai Arsita |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 09:03 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 09:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3297 |
Actions (login required)
View Item |