Dwiantari, septi (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI MEDIA GAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 2 MENGWI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1412011069-COVER.pdf Download (808kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1412011069-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412011069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412011069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1412011069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1412011069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1412011069-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412011069-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1412011069-LAMPIRAN.pdf Download (632kB) |
Abstract
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI MEDIA GAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 2 MENGWI Oleh Ni Kadek Septi Dwiantari NIM 1412011069 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan mendeskripsikan (1) langkah-langkah pembelajaran menulis teks anekdot melalui media gambar ilustrasi, (2) hasil belajar menulis teks anekdot melalui media gambar ilustrasi, dan (3) respons siswa terhadap pembelajaran menulis teks anekdot melalui media gambar ilustrasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Mengwi. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran media gambar ilustrasi, peningkatan hasil belajar, dan respons siswa dalam penggunaan media gambar ilustrasi. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes, dan kuesioner. Data yang telah telah dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot (2) media gambar ilustrasi dapat meningkatkan kemampuan menulis. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa secara klasikal pada prasiklus 65,00 (cukup), pada siklus I meningkat sebesar 76,85 (baik), dan siklus II meningkat sebesar 79,98 (baik), dan (3) respons siswa terhadap penggunaan media gambar ilustrasi tergolong positif dengan rata-rata skor pada siklus I sebesar 42,60 (positif) dan meningkat pada siklus II sebesar 45,88 (positif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menulis media gambar ilustrasi, siswa SMA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Kd Septi Dwiantari |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 03:12 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 03:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/333 |
Actions (login required)
View Item |